Jumat, November 12, 2010

Komputer dan Masyarakat (Tulisan Softskill)


Masyarakat Informasi lahir pada tahun 1956 yang merupakan fenomena dimana terdapat jumlah pekerja ahli dibidang teknik, manajemen dan administratif melampaui jumlah buruh.

Masyarakat baru itu muncul karena :
  1. Sektor ekonomi, berubah dari bentuk ekonomi yang menghasilkan barang ke ekonomi pelayanan jasa.
  2.  Distribusi pekerjaan, munculnya kelas professional dan kelas teknis.
  3.  Ilmu pengetehuan merupakan sumber utama dan mempengaruhi pola kebijaksanaan dalam masyarakat.
  4. Orientasi masa depan, pengendalian dan penghargaan yang lebih besar terhadap teknologi.
  5. Pengambilan keputusan, akan berbasis pada teknologi yang canggih.


Sejak saat itu mulailah perkembangan didunia informasi, yang jika masyarakat industri dahulu mengutamakan modal sedangkan masyarakat informasi lebih mengutamakan keahlian.

Contoh : perusahaan IBM, AT&T, Intel, Motorola dan lain sebagainya yang memiliki tenaga ahli dalam jumlah yang besar, kemajuan usaha mereka sangat ditentukan oleh penemuan-penemuan baru dalam ilmu pengetahuan.


Ciri masyarakat informasi ditunjukan dengan makin tersedianya computer bagi masyarakat, ketergantungan yang semakin besar terhadap jaringan komunikasi yang menghubungkan perumahan, kantor dan pusat-pusat data dan membesarnya pengaruh dari elektronika mikro dalam kehidupan masyarakat.



Aplikasi-aplikasi yang ada dimasyarakat :
  1.  Surat Elektronik,  pengiriman surat melalui jaringan computer.Contohnya Email
  2. Konferensi jarak jauh, salah satu bentuknya adalah pengiriman pesan kebanyak peserta konferensi sekaligus, yang beroperasi pada jaringan komunikasi data paket. Konferensi jarak jauh merupakan evolusi dari system surat elektronik, dimana adanya keinginan untuk menyampaikan pesan ke beberapa penerima sekaligus. Keinginan untuk tidak hanya mendengarkan suara tapi juga citra visual yang ditampilkan merupakan kemajuan dari konferensi jarak jauh. Electronic Information Exchange System (EIES), dikembangkan untuk menemukan hal-hal yang dianggap penting dalam konferensi computer jarak jauh. Perkembangan terakhirnya adalah Video Conference, suatu bentuk konferensi jarak jauh dengan kemampuan untuk menampilkan gambar atau citra pembicara. Kelebihan yang bisa diperoleh jika menggunakan Video Conference adalah mengurangi biaya perjalanan, meningkatkan kemampuan koordinasi sehingga dapat meningkatkan persaingan dipasaran.
  3. Video text, Pemakai dapat melakukan transaksi ekonomi dengan menggunakan suatu perangkat khusus yang terdiri dari televisi dan keyboard untuk melakukan jenis-jenis kegiatan sebagai berikut :
  • Pengembalian kembali informasi, seperti data base, surat kabar elektronik hiburan, olahraga, pelayanan kesehatan dan masyarakat.
  • Transaksi
  • Penyampaian pesan
  • Monitoring jarak jauh
  •  Komputasi sebagai terminal compute
  • Bekerja dirumah bentuk pekerjaan yang bisa dilakukan dengan bersosialisasi dapat dilakukan dari rumah seperti agen perumahan agen perjalanan, tenaga pengolah data dan lain sebagainya.
  • Pendidikan dirumah, dengan alat ini yang memungkinkan kita berinteraksi langsung dengan pendidikan tanpa memperhatikan perbedaan jarak dan ruang waktu lagi.

Tiga jenis pelayanan informasi utama yaitu :
1.       
  1. Pengambilan informasi dari database, database yang menampung berbagai macam informasi, pamakai harus menghubungkan diri dengan database yang dipilih, menyiapkan pertanyaan yang diperlukan dan bertanya ke database. 
  2. Teletext, system yang menyediakan arus informasi yang continue yang dapat diperoleh melalui kanal televisi. 
  3. Videotext, bentuk komunikasi informasi dua arah. Jalur telephone digunakan untuk menghubungkan pemakai dan computer pelayan jasa. Bentuk informasi yang dikirimkan dapat berupa gambar atau text biasa.

Masalah yang akan dihadapi masyarakat dengan adanya masyarakat informasi :
  1. Struktur masyarakat, bergesernya arti sosialisasi diantara masyarakat.
  2.  Proses pengambilan keputusan, keputusan yang akan diambil apakah berdasarkan kepentingan bersama atau kepentingan kaum tertentu saja. 
  3.  Pilihan yang baru, tidak nyata atau semakin kabur pilihan yang sesuai dengan kebutuhan kita atau mengikuti perkembangan yang ada tanpa mengetahui bermanfaat untuk kita atau tidak. 
  4.  Kesenjangan sosial akan tercipta semakin tajam. 
  5. Struktur ekonomi, apakah produk yang ada sudah memenuhi keinginan konsumen atau sebaliknya.
  6. Pelayanan keuangan, semakin bergesernya nilai uang konstan.

Pandangan kedepan terhadap masyarakat informasi :
  1. Pengikisan terhadap kepentingan nasional
  2. Terhentinya arus informasi
  3. Meningkatnya pengangguran
  4. Masalah kawasan industri
  5. Reorganisasi ekonomi
  6. Ancaman terhadap kebudayaan nasional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar