Sabtu, April 02, 2011

Telekomunikasi dan Jaringan

Networking Enterprise

Menurut Manuel Castells, Network enterprise adalah jaringan yang berbentuk dari beberapa perusahaan, atau beberapa bagian dari beberapa perusahaan, atau sebagai internal dari beberapa perusahaan.
Salah satu ciri dari Network Enterprise adalah access network yang terbuka lebar, yang memungkinkan siapa saja, baik itu produsen, pelanggan, maupun hacker dan cracker untuk mengetahui transaksi online terjadi.


Apa yang dimaksud dengan Jaringan Komputer . . ???

Jaringan Komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer, dan peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan. Informasi dan data  bergerak melalui kabel-kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data.




KONSEP JARINGAN

Dua buah komputer dapat dikatakan terkoneksi bila komputer dapat saling bertukar informasi. Bentuk koneksinya tidak harus melalui kawat tembaga saja, melainkan dapat menguunakan serat optik, gelombang mikro, atau satelit.

Konsep Jaringan terbagi menjadi 2, yaitu :
  •  Konsep jaringan berdasarkan letak geografis
1. Local Area Network (LAN)
LAN adalah jaringa  komputer yang mehubungkan suatu komputer dengan komputer lain dengan jarak yang terbatas. Seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil.


2. Metropolitan Area Network (MAN)
MAN adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang mehubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km.

3. Wide Area Network (WAN)
WAN adalah jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota, atau bahkan negara atau dapat didefinisikan sebagai jaringan komputer yang  membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.


  • Topologi Jaringan
Topologi jaringan adalah hal yang menjelaskan hubungan geometris antara unsur-unsur dapat penyusun jaringan yaitu node, link dan station. Topologi jaringan dapat dibagi menjadi 5 kategori utama seperti  

  1. Topologi bintang merupakan bentuk topologi jaringan yang berupa konvergensi dari node tengah ke setiap node atau pengguna. Topologi jaringan bintang termasuk topologi jaringan dengan biaya menengah
  2. Topologi cincin adalah topologi jaringan dimana setiap titik terkoneksi ke dua titik lainnya, membentuk jalur melingkar membentuk cincin. Pada topologi cincin, komunikasi data dapat terganggu jika satu titik mengalami gangguan.
  3. Topologi Bus adalah kedua unjung jaringan harus diakhiri dengan sebuah terminator. Barel connector dapat digunakan untuk memperluasnya. Jaringan hanya terdiri dari satu saluran kabel yang menggunakan kabel BNC. Komputer yang ingin terhubung ke jaringan dapat mengkaitkan dirinya dengan mentap Ethernetnya sepanjang kabel. Linear Bus: Layout ini termasuk layout yang umum.
  4. Topologi mesh menerapkan hubungan antar sentral secara penuh. Jumlah saluran harus disediakan untuk membentuk jaringan Mesh adalah jumlah sentral dikurangi 1 (n-1, n = jumlah sentral). Tingkat kerumitan jaringan sebanding dengan meningkatnya jumlah sentral yang terpasang. Dengan demikian disamping kurang ekonomis juga relatif mahal dalam pengoperasiannya.  
  5. Topologi Pohon disebut juga sebagai topologi jaringan bertingkat. Topologi ini biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral denganhirarki yang berbeda. Untuk hirarki yang lebih rendah digambarkan pada lokasi yang rendah dan semakin keatas mempunyai hirarki semakin tinggi. Topologi jaringan jenis ini cocok digunakan pada sistem jaringan komputer .

Gambar Topologi Jaringan










INTERNET, INTRANET, EXTRANET

INTERNET
Intercenneted network atau lebih dikenal dengan sebutan internet adalah sebuah sistem komuniasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia. Setiap komputer dan jaringan terhubung secara langsug maupun tidak langsung ke beberapa jalur utama yang disebut internet backbone dan dibedakan satu dengan yang lain menggunakan unique name yang bisa disebut alamat IP 32 bit. Contoh 202.133.81.6
Cara koneksi internet :
1.      mendaftarkan diri ke ISP (internet service provider)
2.      lewat modem dial up (telepon)
3.      dengan GPRS melalusi ponsel


INTRANET

Intranet adalah jaringan privat yang menggunakan software internet dan protokol TCP/IP. Intranet memberikan akses yang mudah bagi karyawan untuk memperoleh informasi perusahaaan. Intranet merupakan media yang efektif untuk mengirim aplikasi mengenai informasi perusahaan, seperti kebijakan, prosedur, dan bentuk SDM; direktory telepon organisasi; program pelatihan; search engines; basis data pelanggan; katalog produk dan manual kerja; groupware; bagan organisasi; berita terbaru mengenai organisasi; peringatan akan krisis; serta gudang data dan akses pendukung keputusan.

 

 EXTRANET 

Extranet adalah jaringan privat yang menggunakan teknologi internet dan system telekomunikasi public untuk membentuk hubungan yang aman antara pemasok, vendor, mitra kerja, pelanggan dan pihak bisnis lainnya dalam rangka mendukng operasi bisnis atau pengaksesan informasi bisnis.Extranet dapat digunakan untuk melakukan pertukaran data dengan volume besar menggunakan EDI (Electronic Data Interchange), berbagai catalog produk dengan pedagang, kerjasama dengan perusahaan lain dalam usaha pengembangkan patungan, menyediakan layanan oleh sebuah perusahaan terhadap sejumlah perusahaan dalam grupnya, berbagi informasi yang ditujukan secara khusus untuk perusahaan perusahaan mitra.


 


Konsep Client Server

Sesuai dengan namanya, Client-Server berarti adanya pembagian kerja pengolahan data antara client dan server . Saat ini, sebagian besar jaringan menggunakan model client/server.
Secara singkat, jaringan client/server adalah jaringan dimana komputer client bertugas melakukan permintaan data dan server bertugas melayani permintaan tersebut.

Client

User akan membuat permintaan melalui software client. Aplikasi ini berfungsi :
·         Memberikan interface bagi user untuk melakukan jobs.
·          Format request data ke bentuk yang dapat dimengerti oleh server
·          Menampilkan hasil yang diminta pada layar

Komputer client menerima instruksi dari user melalui interface yang disediakan, merubah format instruksi ke bentuk yang dapat dimengerti oleh database server, dan mengirimkannya melalui jaringan ke server yang dituju. Server kemudian akan mengolah request, memilih informasi yang sesuai, dan mengirimkan kembali data hasil pengolahan ke client. Client kemudia mengolah data yang diterima untuk ditampilkan sebagai informasi yang berguna melalui interface yang tersedia.

Server
Pada jaringan client/server, server khusus digunakan untuk pemrosesan, penyimpanan dan manajemen data. Server bertugas menerima request dari client, mengolahnya, dan mengirimkan kembali hasilnya ke client.
Untuk itu, server membutuhkan komputer khusus dengan spesifikasi hardware yang jauh lebih baik dan bertenaga dibandingkan hardware untuk client karena komputer harus mampu melayani:
• Request secara simultan dalam jumlah besar
• Aktivitas manajemen jaringan
• Menjamin keamanan pada resource jaringan






SISTEM TELEKOMUNIKASI

Sistem telekomunikasi terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak yang mamancarkan informasi dari satu tempat ke tempat lain. Sistem ini dapat memancarkan teks, data, grafik, suara,  dokumen, atau video.

KOMPONEN UTAMA SISTEM TELEKOMUNIKASI
      PERANGKAT KERAS (HARDWARE)
      MEDIA KOMUNIKASI
      JARINGAN KOMUNIKASI
      PERANGKAT LUNAK KOMUNIKASI (SOFTWARE)

FUNGSI SISTEM TELEKOMUNIKASI
      Memancarkan informasi
      Membangun/Membuat interface antara pengirim dan penerima
      Mengirimkan pesan melalui rute yang efisien
      Memastikan bahwa pesan yang benar diterima oleh penerima yang berhak
      Memeriksa kesalahan yang terjadi pada pesan dan melakukan penyusunan kembali terhadap format pesan jika perlu.
      Konversi pesan dari satu kecepatan ke kecepatan lain (komputer pada umumnya lebih cepat dari media komunikasi).
      Memastikan bahwa alat pengiriman, alat penerima dan jalur komunikasi beroperasi.
      Menjaga keamanan informasi setiap saat.






Peer to Peer

Peer-to-peer (P2P) adalah teknologi komputasi terdistribusi perangkat lunak arsitektur yang memungkinkan komputer individu untuk menghubungkan dan berkomunikasi langsung dengan komputer lain.

Peer to Peer (P2P) Teknologi-Cara kerjanya:
Peer to Peer teknologi memungkinkan orang berbagi file melalui jaringan di internet. Kebanyakan orang sekarang menggunakan apa yang dikenal sebagai generasi kedua dari P2P, yang tidak seperti pendahulunya seperti seperti Napter, generasi kedua tidak memiliki server terpusat.

P2P generasi pertama bekerja:
Sambungan dibentuk oleh peer menemukan peer lain. Bila sambungan sudah didapatkan, pengguna kemudian dapat mencari file. Ketika pencarian telah dikirim,nantinya  dihubungkan ke semua node dalam daftar koneksinya. Hasil ini kemudian ditampilkan dan sambungan dibuat.

P2P generasi kedua bekerja:
Hub digunakan untuk mencari file secara cepat, menghilangkan yang asli “menemukan rekan dan pencarian metode. Sebaliknya, mereka menyimpan daftar file pada semua “Leaf” (peer A) yang terhubung, sehingga secara dramatis mengurangi waktu pencarian.
 Keuntungan: Tidak seperti Napster, jika hub crash, jaringan itu tetap hidup.
Kekurangan: Tidak membuat jaringan yang lebih tahan lama dibandingkan dengan generasi pertama dari P2P.
Manfaat teknologi P2P tampaknya meningkat karena meningkatnya jumlah pengguna. Para ekonom menyebut seperti “efek jaringan” fenomena – yaitu, produk tertentu menjadi lebih berguna karena lebih banyak orang dan lebih banyak menggunakannya. Viabilitas aplikasi masa depan mungkin akan tergantung sebagian pada seberapa manfaat dari keseimbangan P2P teknologi yang dibandingkan dengan efek berpotensi signifikan samping, seperti pelanggaran hak cipta dan risiko lainnya, termasuk virus dan spyware.

Keuntungan
Keuntungan dari jaringan peer-to-peer melalui jaringan informasi jenis lainnya muncul dalam popularitas mereka cukup besar dan berkembang. Karena mereka tidak perlu server komputer pusat untuk menengahi pertukaran informasi atau file di antara pengguna, bandwidth tinggi komunikasi kapasitas server dapat ditiadakan, dan kebutuhan ruang penyimpanan server mahal dihilangkan. Mengingat manfaat dalam keamanan, biaya, dan efisiensi, peer-to-peer jaringan yang digunakan untuk menyimpan dan mendistribusikan file elektronik oleh universitas-universitas, lembaga pemerintah, perusahaan, dan perpustakaan, antara lain . 
Kekurangan
Peer-to-peer jaringan memiliki kelemahan juga. Pencarian pada jaringan peer-to-peer, tidak dapat mencapai dan membuka semua file yang tersedia karena permintaan pencarian tidak dapat ditularkan ke setiap komputer di jaringan.






Perbedaan Sinyal/Data Analog Dengan Sinyal/Data Digital

1. Sinyal/Data Analog
Sinyal/Data analog adalah sinyal data dalam bentuk gelombang yang yang kontinyu, yang membawa informasi dengan mengubah karakteristik gelombang. Dua parameter/karakteristik terpenting yang dimiliki oleh isyarat analog adalah amplitudo dan frekuensi. Dengan menggunakan sinyal analog, maka jangkauan transmisi data dapat mencapai jarak yang jauh, tetapi sinyal ini mudah terpengaruh oleh noise

2. Sinyal/Data Digital                                         
Sinyal/Data digital merupakan sinyal data dalam bentuk pulsa yang dapat mengalami perubahan yang tiba-tiba dan mempunyai besaran 0 dan 1. Sinyal digital hanya memiliki dua keadaan, yaitu 0 dan 1, sehingga tidak mudah terpengaruh oleh derau, tetapi transmisi dengan sinyal digital hanya mencapai jarak jangkau pengiriman data yang relatif dekat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar