Rabu, Maret 02, 2011

Kemampuan dan Fitur Windows XP

Sistem Operasi Windows XP dirilis pada 25 Oktober 2001 adalah jajaran sistem operasi berbasis grafis yang  dibuat oleh Microsoft yang merupakan versi system operasi windows pertama berorientasi konsumen yang dibangun di atas kernel dan arsitektur Windows NT.  Microsoft mengatakan bahwa Windows XP memiliki banyak kelebihan selain faktor andalan dan user-friendly, sehingga pengguna lebih mudah menyelesaikan pekerjaannya dan yang paling utama dalam hal multimedia. 

Apa saja yang dapat dibuat oleh Windows XP? . . Berikut macam-macam kemampuan dan fitur Windows XP :

  • Dukungan terhadap sistem domain Active Directory

Active Directory adalah sistem domain yang digunakan di dalam Windows Server 2000 dan Windows Server 2003. Dengan menggunakan Active Directory, sistem-sistem Microsoft Windows dapat diatur dari satu tempat saja yaitu dari sistem yang menjalankan Active Directory itu sendiri. Fitur ini sangat berguna jika diaplikasikan dalam perusahaan yang cukup besar, karena akan menyederhanakan semua proses autentikasi.


  • Peningkatan pengaturan kontrol akses

Windows XP telah dilengkapi dengan fitur pengaturan kontrol akses. Fitur tersebut digunakan untuk membatasi akses terhadap siapa saja yang tidak memiliki hak akses terhadap sebuah objek tertentu. Meskipun hal telah diimplementasikan dalam sistem operasi berbasis UNIX, implementasi fitur ini dalam Windows XP telah diterapkan secara lebih canggih dibandingkan dengan UNIX, mengingat sistem operasi UNIX membatasi akses dengan menggunakan atribut file permission.



  • Mendukung sistem berkas terenkripsi (EFS)

Windows XP memiliki sistem enkripsi EFS. Sistem ini merupakan sistem untuk memproteksi data penting sehingga tidak dapat dibuka user lain apalagi komputer lain, kecuali dengan membuka dengan kode. Sistim ini cukup handal meskipun tak sehandal sistem pihak ketiga. File yang terenkripsi akan berubah warnanya menjadi hijau.

  • Windows Recovery Console
Merupakan sebuah fitur yang menyediakan lingkungan terbatas bagi administrator untuk melakukan beberapa tugas dengan menggunakan antarmuka command-line. Fungsi utamanya adalah untuk mengizinkan bagi administrator untuk memulihkan komputer workstation/server dari situasi di mana windows tidak dapat menyelesaikan proses booting hingga selesai masuk ke modus grafis.
Dari Recovery console, seorang administrator dapat melakukan hal-hal berikut:
  • Membuat dan menghapus direktori.
  • Membuat, menghapus, atau mengubah nama berkas.
  • Mengaktifkan dan menonaktifkan Windows (yang  kemudian memodifikasi service control database di dalam Windows Registry|registry untuk selanjutnya akan memiliki pengaruh saat sistem dinyalakan kembali di kemudian waktu.
  • Menulis sebuah Master Boot Record ke sebuah disk, dengan menggunakan perintah fixmbr.
  • Menulis sebuah Volume Boot Record ke sebuah volume/partisi, dengan menggunakan perintah fixboot.
  • Melakukan pemformatan sebuah volume/partisi.
  • Melakukan ekspansi beberapa format berkas kompresi data terkompresi yang disimpan di dalam CD-ROM instalasi Windows.
  • Melakukan pemindaian terhadap hard disk, dengan menggunakan CHKDSK untuk mencari apakah ada kerusakan di dalam hard disk atau berkas, khususnya berkas-berkas yang dibutuhkan oleh sistem operasi.

  • XPsmoker
XPsmoker khusus menangani Windows XP untuk tweak sistem OS. Kemudahan XPsmoker adalah menyediakan tweaking dari one button sampai merubah setting lebih dalam bagi XP. Kemampuan dari utiliti XPsmoker :  
  • Auto Tuner
Fitur Auto Tuner untuk mengoptimisasi Windows otomatis. Dengan mengaktifkan sekali saja maka XPsmoker akan melakukan tweak penting. Bagi pemula akan mudah melakukan tweak OS tanpa perlu mengenal lebih dalam untuk OS XP. 
Performance I dan II
Mengaktifkan dan non aktifkan sistem yang melambatkan Windows XP. Misalnya memperbaiki kecepatan fast boot, mematikan sistem warning pada space harddisk, melepas file yang diloading ketika start pertama Windows tetapi file DLL yang tersebut berguna.
Terpenting adalah XP Smoker dapat melakukan pilihan prioritas bagi CPU untuk mementingkan sistem program atau program yang berjalan secara background. XPsmoker akan mengutamakan bagi aplikasi background sehingga waktu tungu pada aplikasi yang berjalan khusus tersebut dapat lebih cepat menampilkan informasi.  
  
  • Windows XP Service
    XP Smoker dapat melihat langsung sistem aktif atau dijalankan oleh Windows XP. Pemakai harus mengenal apakah sistem yang dijalan oleh OS perlu dimatikan atau dijalankan. XPsmoker akan menampilkan seluruh loading dari OS Windows XP dan user dapat mematikan fungsi yang tidak diperlukan
    ·       
         Internet Explorer
    Option ini dapat memindahkan folder dan user bagi IE. Setting lainnya adalah menghilangkan icon pilihan pada browser yang dianggap tidak perlu untuk meminimalkan tampilan pada IE
    ·         
         Disk Usage
    Anda dapat melihat berapa space yang digunakan pada sebuah directory. Fungsi ini menjadi menarik, karena pemakai Windows XP akan sulit mencari dimana program atau file yang menumpuk dan tidak pernah tersentuh untuk dibersihkan. Anda dapat memeriksa dengan Disk Usage Option untuk mencari nama directory yang ternyata kosong atau berisikan file yang terlalu banyak dan perlu dibersihkan.
    ·        
         Disk Cleaner & Shared DLL
    Disc Cleaner berguna untuk mencari file sampah yang tidak perlu untuk diberikan dari harddisk. Tidak itu saja, beberapa file seperti Invalid DLL, log/prefetch atau temporary file juga dapat diketahui untuk dibuang pada option ini. Option ini diperlukan mengingat beberapa aplikasi meninggalkan sampah pada OS dan tetap saja diloading walaupun file sudah tidak diperlukan lagi.
    ·        
         XP Smoker Pro Toolbox
    2 option menarik adalah SuperFast Shutdown dan XP Annoyances.
    -        XP Annoyances adalah mematikan fitur Tour Windows XP dan Error reporting. Fitur ini tidak berguna bahkan menjadi penganggu dan sampah bagi mereka yang sudah lama mengunakan OS XP.
    -        SuperFast Shutdown, fungsi ini tentu menarik. Dengan Windows XP terkadang melakukan Shutdown computer menjadi lambat dan harus menunggu beberapa saat. XP Smoker memberikan 1 icon agar user dapat mematikan computer dengan cepat dan tidak lagi menampilkan layar seperti shutdown dan restart umumnya. Pada test sistem fast shutdown bekerja sangat baik, dan lebih cepat dibandingkan sistem shutdown dari Windows.

    • Fitur lain dari XP Smoker
    Option lain yang menarik adalah anda dapat menganti sistem password dari kombinasi huruf dan angka. Sistem securiti ini sangat bermanfat bila seorang user memerlukan sedikit tambahan pengaman pada password Windows.Anda juga dapat mematikan fitur penyimpan password pada internet explorer agar tidak otomatis dimasukan oleh program.
    Ø  Telpon, Chatting dan File Transfer pada Windows XP dengan Windows Net Meeting
    Windows NET Meeting merupakan suatu aplikasi yang hanya dapat digunakan oleh pengguna Windows XP untuk dapat berkomunikasi dengan menggunakan jaringan computer (Local Area Network) LAN. Windows NET Meeting menyediakan fasilitas Telepon, Chatting serta File Transfer. Dengan demikian, pengguna yang terhubung dalam suatu jaringan LAN, dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk berkomunikasi dengan gratis.


     

    Referensi :  

    http://id.wikipedia.org/wiki/Windows_XP 

     http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:sFs3tm0FCwEJ:id.wikipedia.org/wiki/Windows_Recovery_Console+yang+dapat+dilakukan+oleh+windows+XP&cd=7&hl=id&ct=clnk&gl=id&source=www.google.co.id 

    http://10507419.blog.unikom.ac.id/telepon-chatting.rz

    1 komentar: