Selasa, Mei 29, 2012

Rancangan Penelitian


Pengertian
Rancangan penelitian adalah sebuah rencana Yang rinci (detail) yang diperlukan untuk melaksanakan penelitian. (A Strategy for finding out something (Babbie,1979 : 83)

Komponen rancangan Penelitian
1.    Tujuan Rancangan Penelitian
     Tujuan rancangan Penelitian adalah hasil akhir dari penulisan yang telah dibuat .Adapun beberapa tujuan dari rancangan penulisan antara lain:
  • Menguji atau menemukan ilmu pengetahuan 
  •  Memperoleh dana untuk membiayai penemuan baru 
  •  Membantu mengatasi atau memecahkan masalah yang dihadapi masyarakat 
  •  Menyelesaikan tugas akhir sekolah atau tugas akhir di perguruan tinggi


2.    Jenis penelitian yang akan diaplikasikan
Ada beberapa jenis penelitian yang digunakan untuk membuat suatu rancangn penelitian yg dipakai dalam ilmu administratif ataupun manajemen yaitu penelitian deskriptif, korelasional, eksperimental. Penelitian deskriptif  berfungsi untuk memberikan gambaran nyata apa adanya, namun lengkap dan rinci.Beberapa contoh pertanyaan penelitian yang dicoba ditemukan jawabannya melalui penelitian deskriptif adalah sebagi berikut :
  • Bagaimana manajer menghabiskan waktu kerjanya?
  • Bagaimana sikap pegawai terhadap jadwal kerja “flex-time”?
  • Bagaimana organisasi melakukan proses seleksi pegawai ?
  • Bagaimana koordinasi kerja antar bagian dalam organisasi?

3.    Unit analisis atau populasi penelitian
Individual, Misalnya  pegawai ingin mengetahui kepuasan pegawai, maka unit analisisnya adalah individu-individu pegawai.
Kelompok, Misalnya ingin mengetahui kinerja antar departemen atau gugus kendali mutu, maka unit analisisnya adalah kelompok.
Organisasi, Misalnya ingin mengukur kualitas pelayanan kantor X, maka unit analisisnya adalah organisasi.
Benda, Misalnya menilai kualitas susu bubuk untuk bayi, maka unit analisis- nya adalah produk, berupa susu bayi.

4.    Rentang waktu penelitian
Dalam pembuatan penelitian tentu saja mempunyai batas waktu(rentang waktu) dalamhal ini bertujuan agar penulisanny dapat selesai tepat pada waktunya.Rentang waktu dibagi menjadi dua yaitu :
  1. One shot or Cross section studies, data dikumpulkan hanya sekali. 
  2. Longitudinal studies, data dikumpulkan dalam beberapa periode waktu tertentu. Misalnya untuk meneliti disiplin pegawai, peneliti mengamati perilaku pegawai selama enam bulan.

5.        Teknik pengambilan sampel
Dalam penelitian, data yang digunakan harus bernilai valid agar hasil dari penelitian tersebut dapat dipertanggungjawabkan validasinya maka sampel yang digunakan harus sesai dengan perhitungan. Maka dari itu secara umum teknik pengambilan sampel dibagi menjadi dua yaitu probabilistis dan non probabilistik, dalam sampel probabilistik antara lain adalah simple random sampling strafied random sampling,area sampling dan cluster sampling, sedangkan non probabilistik sampling antara lain accidental sampling,snow ball sampling dan purposive sampling.

6.    Teknik Pengumpulan data
Teknik pengumpulan data terdiri dari beberapa cara yaitu yaitu wawancara, kuesioner, observasi, dan studi dokumentasi.

7.        Definisi operasional variabel penelitian.
Bagi penelitian kuantitatif, langkah ini mutlak dilakukan. Yang dimaksud dengan definisi operasional variabel adalah proses penentuan ukuran suatu variabel, maka tidak semua variabel penelitian harus disusun definisi operasionalnya . Beberapa peneliti menggunakan istilah indikator. Misalnya, untuk mengukur disiplin pegawai, maka dihitung frekuensi ketepatan masuk kerja, kepatuhan pada peraturan, dlsb. Untuk mengetahui produktivitas, dihitung perbandingan antara hasil herja dengan waktu kerja.

8.        Pengukuran variabel penelitian
Jenis skala pengukuran untuk setiap variabel penelitian harus diketahui secara benar. Hal ini berguna untuk menentukan perhitungan statistik. Misalnya, untuk variabel yang berskala nominal tidak mungkin dihitung rata-ratanya. Skala pengukuran yang ada adalah nominal, ordinal, interval, dan rasio.

9.        Teknik analisis data
Sebelum data dianalisis, diolah terlebih dahulu. Maka dikenal proses editing, coding, master table, dan lain-lainnya. Analisis data mencakup kegiatan mengukur reliabilitas dan validitas, mean, deviasi standar, korelasi, distribusi frekuensi, uji hipotesis, dan lain sebagainya.

10.    Instrumen Pencarian Data
Dalam pencarian dan pengambilan data dapat dilakukan dengan beberapa alat yakni, wawancara,kuesioner,observasi ataupun studi dokumentasi.




Referensi:






Tidak ada komentar:

Posting Komentar